Terima Pengurus Pusat SOIna, Menpora Amali Dukung dan Apresiasi Penyelenggaraan PeSOnas

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima audiensi Ketua Umum Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (PP SOIna) Warsito Ellwein dan jajaran pengurus di ruang kerjanya, lantai 10, gedung Graha Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (31/3).

Turut hadir dalam rombongan SOIna, Sekretaris Jendral PP SOIna Wijono Ponjowinoto, Ketua Panitia Pelaksana Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) Ony Suharsono, Ketua Pengurus Daerah Jawa Tengah Kristijani Kirana, dan Bagian Komunikasi dan Promosi Rahmi Hidayanti. Sementara Menpora Amali didampingi Deputi III bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr. Raden Isnanta dan Asdep Potlak.

Menpora Amali mengatakan kedatangan Ketua Umum PP SOIna untuk memperkenalkan struktur pengurus baru PP SOIna karena mereka baru saja melakukan pergantian kepengurusan untuk periode 2019-2023.

Selain itu, rombongan PP SOIna melaporkan terkait rencana penyelenggaraan kegiatan Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 3-8 Juli 2022 mendatang di Semarang, Jawa Tengah.

Menpora Amali memastikan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan dukungan terhadap kegiatan tersebut.

“Saya kira masyarakat kita yang tergolong dalam bertalenta khusus ini harus mendapat perhatian. Dan pemerintah memberikan dukungan, tentu sesuai aturan yang ada dan kemampuan kami. Saya menyambut baik dan mengapresiasi apa yang dilakukan pengurus SOIna dan juga penyelenggara Pesonas. Selamat dan sukses untuk Pesonas tahun 2022,” kata Menpora Amali usai pertemuan.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (PP SOIna) Warsito Ellwein mengucapkan terimakasih kepada Menpora Amali karena telah meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk beraudiensi dengan rombongan PP SOIna.

Dalam kesempatan ini, pihaknya melaporkan tentang penyelenggaraan Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas). Kegiatan ini nantinya menngakat tema “Akulah Bintang”.

“Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) akan mencetak bintang, dari anak difabel intelektual atau anak bertalenta khusus, disana nanti anak bertalenta khusus itu harus merasa aman, nyaman guyub, rukun dan bahagia. Jadi selama PeSOnas itu mereka akan bangun suasana itu, sehingga setelah kegiatan PeSOnas, dalam kehidupan sehari mereka juga begitu, mereka nanti dimana aman dan nyaman,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) Ony Suharsono menjelaskan bahwa kegiatan Pesonas akan mempertandingkan kegiatan olahraga dan kegiatan non olahraga seperti kegiatan seni.

“Kegiatan ini bukan kompetisi yang utama, yang utama adalah memperkenalkan anak-anak bertalenta khusus, mereka adalah anak yang perlu kita perhatikan dan perlu kita dukung dalam kehidupan sehari hari,” jelasnya.

Dia berharap dengan diterima oleh Menpora Amali dapat menjadi penyemangat bagi panitia dan pengurus SOIna dalam menyelenggarakan Pesonas.

“Mudah-mudahan, dengan kehadiran kami dan diterima pak menteri Pemuda dan Olahraga pagi hari ini bisa memberikan semangat pada kami sebagai panitia dan mendukung kesuksesan untuk Pesonas,” harapnya. (rls)